Minggu, 13 Juli 2008

Laga Pembuka Berakhir Imbang


Dua jawara dari masing-masing grup di Liga Indonesia (Ligina) 2007 saling berhadapan dalam laga pembuka Indonesia Super Liga (ISL) 2008. Juara bertahan Sriwijaya FC yang bertindak selaku tuan rumah tidak mampu memanfaatkan keuntungan. Laskar Wong Kito harus puas memperoleh satu poin setelah ditahan imbang Persipura Jayapura dengan skor 2-2 (1-1) di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang pada Sabtu, 12 Juli.

Meski bertajuk pertandingan perdana, kedua tim bermain lepas tanpa tekanan. Sejak menit pertama kedua tim saling bertukar serangan. Menit ke-12 Persipura membuka ancaman melalui Beto Goncalves. Tapi tendangan Beto melebar di samping kanan gawang. Tujuh menit kemudian peluang tuan rumah melalui sepakan kaki kiri Ngon Azam tipis di atas mistar.

Menit ke-23 Persipura kembali mengancam melalui tendangan Ian Luis Kabes. Meski antisipasi kurang sempurna, kiper Ferry Rotinsulu masih mampu menyelematkan gawangnya. Sriwijaya memperoleh peluang emas tiga menit kemudian. Sundulan Ngon Azam yang tidak terlepas dari kurang sempurnanya Jendri Pitoy dalam memetik bola dari tendangan penjuru Toni Sucipto masih belum menemui sasaran.

Setelah tendangan placing Eduard Ivakdalam hanya nyaris mengoyak gawan di menit ke-35, semenit kemudian Ernest Jeremiah membungkam publik Jakabaring. Tendangan Ernest dari luar kotak penalti tidak mampu dimentahkan Ferry Rotinsulu. Gol pertama dalam sejarah ISL. Keunggulan Mutiara Hitam hanya bertahan empat menit. Menit ke-40 Sriwijaya manyamakan kedudukan 1-1 lewat aksi Richard Obiora.

Di babak kedua Persipura menggebrak. Tim asuhan pelatih asal Negeri Jiran, Raja Isa, unggul 2-1 menit ke-52 lewat sepakan Beto memanfaatkan kejelian kapten tim Persipura, Eduard Ivakdalam dalam mengirim umpan terobosan. Sriwijaya yang Januari lalu mengalahkan Persipura di final Copa Dji Sam Soe 2007, mencoba untuk menyamakan kedudukan.

Serangan yang dibangun pasukan Rachmad Darmawan banyak bertumpu pada Richard Obiora. Tapi, gol balasan baru bisa dilesakkan pada menit ke-79. Bola umpan Richard Obiora diselesaikan oleh sundulan Ngon Azam dan skor pun berubah 2-2. Tempo permainan meningkat namun sampai pertandingan berakhir kedua kesebelasan tidak ada yang menambah jumlah gol.


  • Liputan Bola

  • Tidak ada komentar: