Minggu, 05 Oktober 2008

2009 Brigestone ban tunggal Motogp


Jakarta - Persaingan antara Bridgestone dan Michelin di ajang MotoGP akan berakhir musim depan. Mulai tahun 2009 Bridgestone akan menjadi satu-satunya ban yang akan digunakan untuk MotoGP.

Akhir pekan lalu FIM mengumumkan rencana penggunaan ban tunggal untuk ajang MotoGP. Kesempatan untuk menjadi satu-satunya ban yang digunakan pada ajang MotoGP dibuka sama lebar untuk Michelin dan Bridgestone dengan catatan mereka mengajukan proposal permohonan akan hal tersebut.

Hari Jumat (3/10/2008) kemarin adalah tenggat waktu yang diberikan bagi kedua pabrikan itu untuk mengajukan permohonannya. Namun hingga jatuh tempo yang diberikan hanya Bridgestone yang mengajukan permohonan, dan jelang MotoGP Australia Michelin memastikan kalau mereka memang tak akan mengajukan permohonan menjadi pemasok tunggal.

"Semangat berkompetisi selalu menjadi hal terpenting buat Michelin. Olahraga otosport di level tertinggi berguna karena persaingan antara beberapa pemasok ban merupakan stimulus penting untuk mengembangkan ban dengan performa tinggi yang pada suatu saat akan ditujukan untuk para pengguna umum,” demikian pernyataan resmi Michelin seperti diberitakan Autosport.

Atoritas MotoGP menyebut penggunaan ban tunggal dilakukan demi meningkatkan masalah keamanan sekaligus memangkas biaya operasional. Sesuatu yang dianggap Michelin tidak relevan karena mereka beranggapan ada metode lain untuk meningkatkan keamanan sekaligus memangkas biaya.

"Michelin menyesal tak mampu memberikan kontribusi kepada pihak penyelanggara saat diadakan diskusi demi meningkatkan keamanan dan mengurangi biaya,” lanjut pernyataan tersebut.

Bridgestone dan Michelin telah menjadi dua pemasok utama MotoGP setelah Dunlop memutuskan mundur di musim 2007. Dengan pemakaian pemasok ban tunggal ini, MotoGP mengikuti jejak beberapa seri motor sport lainnya yang kini memang banyak hanya didukung oleh satu pabrikan ban.

  • detiksport

  • Tidak ada komentar: