Rabu, 24 September 2008

Fakta Menarik GP Singapura




Jakarta - GP Singapura sudah di depan mata. Banyak fakta menarik yang pantas untuk disimak mengenai balapan malam hari pertama kalinya di ajang F1 ini.

Sekitar 20 pembalap telah bersiap unjuk kemampuan di balapan pertama malam hari ini. Balapan ini juga pertama yang digelar di negara kepulauan serta sirkuit jalan raya pertama di Asia.

GP Singapura ini akan menjadi trek yang pelan kedua setelah Monaco. Bukan hanya itu saja, GP Singapura akan menjadi pagelaran ke-800 ajang F1 sejak pertama digelar di Silverstone pada 1950.

Sirkuit jalan yang berlawanan arah jarum jam (anti-clockwise) memiliki jarak 5,067 km dalam satu lap. Pembalap juga akan melewati 23 tikungan (10 kanan dan 13 kiri) dengan perpaduan antara trek panjang dan pendek.

Maksimum kecepatan diperkirakan akan mencapai sekitar 300 km/jam. Sementara McLaren mengkalkulasikan rata-rata kecepatan sekitar 175kph. Balapan akan berlangsung 61 lap dengan total jarak 309,087km.

Overtaking kemungkinan akan terjadi di tikungan 1 setelah pPit, tikungan 7 di Raffles Boulevard dan tikungan 14 di Esplanade Drive. Kecepatan terendah akan terjadi di tikungan ketiga, 10, 4, 18 dan 19.

Untuk pencahayan digunakan kabel sepanjang 108 km yang dijulurkan melewati 240 tiang baja guna mengalirkaj listrik ke 1.500 lampu proyektor. Sedangkan tenaga listrik yang digunakan untuk event ini lebih dari 3 juta watt.

Listrik ini disuplai oleh Singapura sendiri dengan didukung 12 generator kembar. Pencahayaan ini akan empat kali lebih terang dari rata rata yang digunakan untuk menerangi lapangan sepakbola atau lapangan pertandingan atletik.

Pada GP Singapura ini juga untuk pertama kalinya dipakai piranti digital papan elektronik yang diberi nama DigiFlag. Ini guna menggantikan bendera peringatan yang biasa dikibarkan petugas di pinggir trek.

  • detiksport

  • Tidak ada komentar: