Minggu, 10 Agustus 2008

5 Absen..SFC ditumbangkan Persija 1-2


Persija kembali menorehkan poin sempurna di laga tandangnya, setelah membungkam tuan rumah Sriwijaya Football Club (SFC) 2-1 dalam lanjutan pertandingan Superliga 2008/0di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Minggu (10/8) petang.

Meski mendapat tekanan bertubi-tubi dari tuan rumah SFC, anak asuh pelatih Danurwindo ini justru memimpin lebih dahulu, setelah striker Greg Nwokolo mampu mencetak gol pada menit ke-36.

Memanfaatkan umpan terukur dari Aliyudin, mantan striker Persis Solo itu dengan cerdik melesakan bola dengan mulus ke gawang SFC yang dikawal Dede Sulaiman. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Persija.

Unggul satu gol membuat barisan pertahan Persija semakin gencar mendapat serangan. Namun ketatnya pengawalan yang dilakukan duet jangkar di lini belakang Persija Herman Abanda dan Piere Njangka, membuat gawang Hendro Kartiko tetap aman. Dan hingga turun minum kedudukan 1-0 untuk Persija tidak berubah.

Memasuki babak kedua, serangan sporadis kembali dilakukan para pemain SFC. Terlebih masuknya beberapa pemain baru seperti M Nasuha, semakin menghidupkan serangan Laskar Wong Kito.

Terus menekan, SFC akhirnya mampu menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-56 melalui gol yang dicetak Keith Jerome Gumb dari titik putih, menyusul handsball yang dilakukan Supriyono di kotak terlarang.

Sempat mendapat protes dari pemain Persija karena menilai sebelumnya Supriyono didorong pemain depan SFC, namun wasit tidak bergeming dan tetap menunjuk titik putih. Dan Jarome sukses menaklukkan kiper Hendro Kartiko.

Sukses menyamakan kedudukan, adrenalin pemain tuan rumah semakin memuncak. Tekanan bertubi-tubi ke jantung pertahan Persija terus dilakukan. Namun karena disiplinnya barisan pertahanan Persija membuat serangan tersebut selalu gagal.

Bahkan satu kemelut yang terjadi di depan gawang Persija pada menit ke-83 nyaris berbuah gol, sekiranya tendangan keras M Nasuha dari dalam kotak penalti tidak membentur badan Herman Abanda yang berusaha menutup posisi Hendro Kartiko.

Dan pertandingan pun sepertinya akan ditutup dengan hasil imbang 1-1, namun satu kesalahan fatal yang dilakukan kiper kedua SFC Dede Sulaiman pada menit ke-92 harus dibayar mahal.

Berawal dari umpan jauh Piere Nyangka yang memberikan bola lambung kepada Greg Nwokolo yang berada di depan, Dede yang maju menjemput rupanya salah perhitungan. Pantulan bola umpan tersebut diluar dugaan gagal ia jangkau sehingga dengan mudah Greg meneruskan bola ke gawangnya.

Skor pun berubah 2-1 untuk Persija. Gol kedua Greg itu sontak disambut gembira kubu Persija. Maklum saja karena tidak lama berselang pertandingan babak kedua berakhir dengan kemenangan Persija tersebut.

Dengan demikian, maka Macan Kemayoran memperpanjang rekor tak terkalahkan di laga tandangnya dalam empat pertandingan, sekaligus memuncaki klasemen sementara Superliga dengan mengemas 12 poin.

Tidak ada komentar: