Selasa, 19 Agustus 2008

Olimpiade Beijing: Remukkan Brasil 3-0, Argentina Tantang Nigeria


Berita Bola: Beijing - Argentina dengan perkasa meremukkan rival abadinya di Amerika Selatan, Brasil, dengan skor 3-0 di semifinal sepakbola putra Olimpiade Beijing. Di final, Argentina ditunggu Nigeria.

Pertarungan seru mewarnai duel dua tim raksasa ini dilangsungkan di Stadion Utama Bird's Nest Beijing, Selasa (19/8/2008), ini. Banyaknya bintang-bintang yang berlaga membuat partai ini layak disebut 'The Real Final'.

Dengan kematangan serta kolektivitas yang dimiliki, Argentina kali ini tampil jauh lebih baik. Tiga gol yang mengantarkan juara bertahan Olimpiade ini ke final dicetak oleh Sergio Aguero (2 gol) serta Juan Roman Riquelme.

Sebelas menit pertandingan berjalan, Brasil memetik peluang pertama mereka. Bek kanan Rafinha yang rajin melakukan overlap melepas umpan silang ke mulut gawang yang gagal disambut oleh Rafael Sobis menjadi gol.

Hanya berselang semenit, Aguero menyia-nyiakan peluang emasnya di muka gawang Brasil. Lolos dari penjagaan, Aguero yang tinggal berhadapan dengan kiper Renan melepaskan tembakan yang masih menyamping.

Tujuh menit memasuki babak kedua, Argentina unggul terlebih dahulu. Angel di Maria yang lolos di sisi kiri melepaskan umpan silang yang disambut dengan dada oleh Aguero. Gol! Tango unggul 1-0.

Argentina menggandakan keunggulannya setelah lima menit. Kembali Aguero menjebol gawang Renan, kali ini dengan sebuah sontekan ringan di mulut gawang menyambut umpan silang mendatar Ezequiel Garay.

Menit ke-64, Brasil nyaris memperkecil ketertinggalannya melalui Ronaldinho. Namun sepakan bebas kencang pemain AC Milan ini hanya membentur gawang Sergio Romero. Bola mental disepak Alexandre Pato namun gol dianulir wasit karena Pato sudah off-side.

Kemenangan sukses disegel tim Tango dengan gol ketiga yang mereka ciptakan di menit ke-75. Penalti diberikan setelah Breno menjatuhkan Aguero di kotak terlarang. Riquelme sukses mengeksekusi penalti dan menjadikan Argentina unggul 3-0.

Upaya Brasil untuk mengejar kedudukan berantakan ketika Lucas Leiva dikartu merah wasit di menit 84.

Bermain dengan 10 orang seakan tidak cukup karena satu lagi pemain asuhan Dunga itu yang dikeluarkan dari lapangan. Ia adalah Thiago Neves. Pemain pengganti yang baru masuk beberapa menit sebelumnya dikartumerah karena menekel Javier Mascherano.

Kemenangan ini mengantar Argentina bersua Nigeria di partai final yang akan digelar pada Sabtu (23/8). Sementara Brasil akan meladeni Belgia dalam perebutan medali perunggu. (dtc/arp/arp)

  • BeritaBola

  • Tidak ada komentar: