Rabu, 03 September 2008

Doohan Komentari Peralihan Ban Pedrosa


Beralihnya Dani Pedrosa dari ban Michelin ke Bridgestone mengundang komentar dari Mick Doohan. Apa kata juara dunia lima kali 500cc itu kepada yuniornya di Honda tersebut?

Keputusan Pedrosa untuk beralih ke Bridgestone setelah GP San Marino terasa mengejutkan. Bukan hanya karena seri tinggal tersisa lima lagi, tapi juga karena hubungan panjang Honda dengan Michelin.

Meski demikian, Doohan yang setia membela Honda sepanjang karirnya di kelas utama (1989-1999) menyatakan dukungannya kepada Pedrosa. Dia bahkan memuji Pedrosa karena sudah bisa memimpin timnya untuk melakukan perubahan.

"Saya pikir memang begitu seharusnya. Dia adalah harapan utama mereka (Honda) dan saya pikir mungkin itulah yang harus dilakukan Honda," ucap Doohan seperti dikutip dari Autosport, Kamis (3/9/2008).

"Tim itu, meski diisi oleh orang-orang yang baik tapi saya pikir tak ada pemimpin sejati di antara mereka dan saya pikir Pedrosa pada dasarnya harus bisa jadi setangguh mungkin dan membawa timnya ke arah yang diperlukan. Pembalap umumnya adalah komponen kunci dari tim. Kalau pembalap tak bisa membuat keputusan maka tak ada siapapun yang bisa memutuskan untuk mereka," analisa dia.

Perubahan itu juga diyakini Doohan bakal membawa angin segar dan hasil positif buat Honda yang disebutnya butuh kemenangan demi tampil lebih kompetitif --pabrikan tersebut saat ini ada di posisi tiga klasemen konstruktor di bawah Yamaha dan Ducati.

Buat Pedrosa sendiri pergantian ban disebut Doohan bakal butuh masa transisi. Namun, hal itu akan terbantu dengan keputusan Honda yang sudah melengkapi Honda Gresini dengan ban Bridgstone.

Dampaknya mungkin tak bakal langsung terasa buat Pedrosa di musim ini. Tapi pembalap Spanyol itu diyakini Doohan bakal tampil lebih percaya diri, dengan ban baru, musim depan sehingga jadi penantang kuat juara dunia.

"Dia adalah favorit kuat tahun ini jadi Anda berharap dia akan kembali jadi kandidat tahun depan," demikian Doohan.

  • detiksport

  • Tidak ada komentar: