Rabu, 03 September 2008

Rossi Soal Rekor Agostini


Misano - Kemenangan Valentino Rossi di Misano bikin dia sejajar dengan Giacomo Agostini dalam jumlah kemenangan di kelas utama (500cc & MotoGP). Berpeluang besar bikin rekor baru dengan tambahan satu kemenangan lagi, Rossi menjamin rekor Agostini lainnya tetap aman.

Seiring dengan laju Rossi yang melintasi garis finis MotoGP San Marino dari posisi terdepan, pembalap Yamaha itu menorehkan kemenangan ke-68 di kelas utama. Jumlah sama dibuat oleh Agostini.

Mengingat bahwa Rossi masih aktif membalap ditambah dengan performanya yang tengah menanjak --dengan juara tiga seri beruntun--, raihan Agostini bisa dilebihinya musim ini karena musim 2008 masih tersisa lima seri lagi.

Meski demikian, Rossi dengan setengah bergurau menjamin ada rekor Agostini yang takkan bisa dilebihinya. Yaitu catatan kemenangan dan juara dunia yang dicatat Agostini di semua kelas.

"Saya berjanji kepadanya takkan menggapai rekor lainnya, karena 122 kemenangan --atau 123 seperti yang dia bilang-- sangat sulit dan juga 15 gelar juara dunia," seloroh Rossi seperti dikutip Autosport.

Sepanjang karirnya di kelas 250cc, 350cc dan 500cc, Agostini meraih 122 kemenangan. Total 15 titel juara dunia --tujuh di 350cc dan delapan di 500cc-- juga dicatatkan pembalap Italia tersebut sehingga digelari "Legenda" Grand Prix oleh FIM pada tahun 2000 silam.

Sementara Rossi sendiri yang mulai turun membalap di kelas 125 cc pada tahun 1996 sampai saat ini sudah menang 94 kali, dengan tujuh titel juara dunia, yakni masing-masing satu di kelas 125cc, 250 cc dan 500cc dan empat kali di MotoGP.


  • detiksport

  • Tidak ada komentar: